Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater

Aug 29, 2010

PS 2-Sony, Optic Nyala, Disc Diam !


Setelah mengerjakan 2 Tv merk LG Slim 21 dan 29 inc, saya dihajar Sony PS-2 hampir seharian baru selesai jam 9 malam...lihat foto !
Kerusakan : kalau di masukin Disc, Motor Spindle tidak mau berputar !
Langsung saya bongkar, saya cek semua Vcc ternyata normal2 saja, kemudian Disc saya pasang dan saya coba tekan tombol Reset ternyata Laser Optic bisa nyala tetapi Motor Spindle diam adem-ayem tidak ada reaksi !
Saat optic nyala coba saya bantu memutar disc dengan tangan ternyata itu PS bisa berjalan normal sampai loading Game/Permainan !
Kemudian saya reset dan coba ganti lagi Disc, hasilnya juga sama Motor Spindle tetap diam kecuali dibantu memutar dengan tangan !

Nah, kalau rekan2 menemui masalah PS 2 Sony seperti ini, solusinya sbb :
** Untuk kasus ini saya pastikan dulu bahwa optic tidak rusak !
Tidak seperti Dvd atau Vcd, tegangan-nya langsung pada kaki2 Motor Spindle-nya ! Tetapi kalau yang ini berbeda, system motornya melalui THS yaitu rangkaian seperti Transistor yang berhubungan langsung dengan Spul Motor agar As-nya bisa berputar !!!!
Yang saya temukan adalah, ada satu jalur rantas/putus pada Kabel Flexible yang menuju rangkaian THS tadi !
Akhirnya setelah penyambungan jalur putus tadi, setiap ganti Disc PS 2 tersebut bisa langsung berputar dan berfungsi normal kembali....

3 comments:

  1. wah udah sama nih mas sama ps ku. Brawal dari optik yg lemah trus saya setel otik bisa membaca disc dvd ps tapi terkadang loding nya suka lama. Stleh beberapa hari kemudian motor besar tidak berputar trus saya bongkar motor besar (tempat duduk kaset) saya pindahkan ke ps lain trnyata motor ini berputar. Jadi kira kira apa nya nih mas yang rusak?

    ReplyDelete
  2. ps2 disc muter tp ga bca.lngsun browser

    ReplyDelete