Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater...klik disini.
Twitter: Follow me
@4syhar

Aug 31, 2010

LG-21FU2RD Ultra Slim, Tr Hor. Putus Terus !


Tv LG dengan type 21FU2RD Ultra Slim ini menggunakan IC Single utama LV76211-3C-5AL5, Regulator: STR W6554A, Horizontal: C6090, Vertical: LA78141, Audio: LA42102 dan FBT-nya menggunakan type BSC25-N0329 !
Kerusakan tv ini saat datang adalah mati, led tidak menyala !
Solusi sbb:
Setelah sy bongkar, steker sy colokkan ke listrik dan terdengar bunyi “tik-tik” pelan, artinya ada beban utama yg short ! Terukur TR Horizontal short antara Colector dan Emitor....langsung aja sy ganti dengan Tr Hor biasa pasaran dan tv coba saya hidupkan lagi ternyata bisa nyala normal tetapi 2 menit kemudian langsung mati dan TR Hor. langsung putus !
Nah...kalau rekan mengalami hal ini jangan langsung mengganti TR Hor. tersebut, tetapi cek dulu C414 di titik Colector, nilainya 183-2000 (18 Nano Farad-2 Kilo Volt) !
Pada problem tv ini Capacitor Myllar tersebut terukur di AVO saya cuma sebesar 7,4n. Untuk nilai 183 atau 18n di pasaran mungkin sulit, akhirnya sy ganti dengan 2 buah nilai 922 atau 9n2 secara paralel...(klik foto diatas untuk lebih jelas)... dan berikutnya TR Hor. saya ganti baru lagi !
Setelah penggantian 2 komponen yg terakhir ini tv nyala gambar normal dan saya tunggu setengah jam sambil mengetik tulisan ini anteng2 aja !!!!!!
...Baca Lebih Lanjut !

Goldstar CA-20A92, Standby Dan Tuning !

Tv Goldstar type CA-20A92 ini problemnya sbb:
1. Bisa standby tetapi saat di start via tombol channel diam tidak berfungsi.
2. Di tuning ada channel tetapi tidak bisa berhenti.
Penyelesaian permasalahan pada tv ini agak lumayan juga, meskipun mulai th 1997 sy sudah sering memperbaiki !
Setelah tv sy bongkar semua Vcc terukur normal, tut/tombol semuanya juga bagus !
Sambil saya ukur di salah satu tombol channel dengan skala 10v DC, pada posisi standby saya coba tekan tombol channel ternyata tv bisa start dengan normal !!!

Untuk mengatasi hal ini rekan2 coba yg satu ini :
** Cek dulu tegangan di pin Reset IC Program, kalau terukur kira2 cuma 3v saja cari R60 nilainya 1k, letaknya berjejer dengan IC Penstabil tegangan Reset, lalu ganti R tersebut dengan yg lebih rendah, pada kasus ini sy ganti dengan nilai 220 ohm start via channel langsung oke !
Pada masalah yg kedua yaitu dituning ada channel tetapi sama sekali tidak bisa berhenti, untuk hal ini kalau rekan2 mengalami jangan langsung mencurigai pada IF Video !
Coba cek dulu tegangan AGC di tuner, kalau ada sekitar 4-7v adalah normal. Dan juga AFT OUT pada IC TA8690, kalau ada tegangan berdenyut saat tuning dan ada channel berarti IF Video serta IF AFT berfungsi ! Selanjutnya langsung aja cek Q06 (C3198) letaknya didekat Eprom 24C02, pasti Tr itu bocor, kalau gantinya nggak ada pakai aja C945...tak jamin pasti beres masalah tuningnya !
Met kerja buat semuanya...
...Baca Lebih Lanjut !

Aug 29, 2010

PS 2-Sony, Optic Nyala, Disc Diam !


Setelah mengerjakan 2 Tv merk LG Slim 21 dan 29 inc, saya dihajar Sony PS-2 hampir seharian baru selesai jam 9 malam...lihat foto !
Kerusakan : kalau di masukin Disc, Motor Spindle tidak mau berputar !
Langsung saya bongkar, saya cek semua Vcc ternyata normal2 saja, kemudian Disc saya pasang dan saya coba tekan tombol Reset ternyata Laser Optic bisa nyala tetapi Motor Spindle diam adem-ayem tidak ada reaksi !
Saat optic nyala coba saya bantu memutar disc dengan tangan ternyata itu PS bisa berjalan normal sampai loading Game/Permainan !
Kemudian saya reset dan coba ganti lagi Disc, hasilnya juga sama Motor Spindle tetap diam kecuali dibantu memutar dengan tangan !

Nah, kalau rekan2 menemui masalah PS 2 Sony seperti ini, solusinya sbb :
** Untuk kasus ini saya pastikan dulu bahwa optic tidak rusak !
Tidak seperti Dvd atau Vcd, tegangan-nya langsung pada kaki2 Motor Spindle-nya ! Tetapi kalau yang ini berbeda, system motornya melalui THS yaitu rangkaian seperti Transistor yang berhubungan langsung dengan Spul Motor agar As-nya bisa berputar !!!!
Yang saya temukan adalah, ada satu jalur rantas/putus pada Kabel Flexible yang menuju rangkaian THS tadi !
Akhirnya setelah penyambungan jalur putus tadi, setiap ganti Disc PS 2 tersebut bisa langsung berputar dan berfungsi normal kembali....
...Baca Lebih Lanjut !

Aug 17, 2010

Sharp Picolo Flat 21", AV Tidak Keluar Gambar !


Kerusakan Tv sharp Picolo 21” ini adalah: posisi channel normal, tp AV inputnya dimasukin Video tidak keluar gambar ! Saya kerjai tv ini pas pada malam menjelang 17 Agustus 2010.
IC gambar menggunakan Chip IXC 927 WJ.
Seperti yg pernah sy alami pd tv Panasonic, kasusnya hampir sama tetapi kebalikanya !
Langsung saja sy urut jalur Video In melewati Capasitor tempel (1uF) menuju pin 33.
Di titik itu sy ukur ada 4,2v....ini tidak benar rekan ! Karena pd posisi channel normal pd titik Internal Video In hanya 2v saja !
Sy coba pake AVO Manual dgn skala DC 10v, sy ukur pin 33 tadi ternyata kadang2 bisa keluar gambar AV tapi bengkok2 dan berjalan seperti V-Hold !

Nah, kalau rekan2 ngalami kasus Tv Sharp Picolo dgn type 21EHF253E3 seperti ini, ikuti solusi sy sbb:
Cari R 4k7 tempel 2 biji di bekas mesin VCD, sambung secara seri dan solderkan pada jalur pin 33 tadi dgn Ground lalu ukur tegangannya, kalau menjadi kira2 2v berarti oke ! Bisa juga R tadi dicoba dengan nilai2 lain dibawah 10k !!!
Untuk lebih jelasnya klik dan lihat gambar di atas ada lingkaran merah !
Dalam praktek terukur di AVO Digital sy sebesar 2,1v.....
Akhirnya sy masukin Video gambar langsung bagus dan anteng !
Semoga bermanfaat !
...Baca Lebih Lanjut !

Aug 13, 2010

Tape Mobil KIA-Timor...Tampil CODE dan HOLD !

Hampir semua Tape Mobil merk KIA bawaan Mobil Timor, untuk menghidupkan harus menggunakan CODE !
CODE-nya sendiri tidak akan sama tiap2 type, dan CODE itu sendiri sebetulnya sudah ada pada Sticker yg menempel pada cover Tape Mobil tersebut !
Coba perhatikan beberapa angka2 yg tertera di sticker tadi, biasanya berjumlah lebih dari 10, dan 4 angka yg terakhir adalah CODE-nya !
Seperti beberapa waktu lalu, sy mendapat pasien dengan kerusakan:
sy tombol Power ternyata tampil HOLD, ini artinya terkunci, penyebabnya karena salah beberapa kali memasukkan CODE !!!

Solusi:
Sebelum ke masalah HOLD, berikut cara2 memasukkan CODE untuk menghidupkan:
1. Tekan Power dan akan tampil CODE, selanjutnya cari 4 angka terakhir pada deretan angka di Sticker Cover.
2. Ingat, 4 angka itu harus dibalik.
Contoh 4 angka terakhir pada type yg sy perbaiki 2116, jadi nantinya harus 6112 !
3. Tekan angka 1 di panel berkali2 sampai keluar 6, tekan angka 2 di panel berkali2 sampai keluar 1...dst !
4. Kalau sudah lengkap menjadi 6112, coba tekan Tuner dan akan keluar Frekwensi radio FM yg artinya berfungsi normal !

Untuk masalah tampil HOLD yg disebabkan karena salah memasukkan 4 angka CODE beberapa kali, berikut penyelesaianya:
Hidupkan Tape Mobil tadi dan biarkan menyala pada posisi tampil tulisan HOLD kira2 1 sampai 2 jam ! Nanti akan tampil Frekwensi FM, lalu tekan power dan masukkan CODE.
NB: Untuk Master CODE pada type tertentu biasanya 1111 atau 1234.
Selamat bekerja dan semoga ada gunanya.......
...Baca Lebih Lanjut !

Aug 9, 2010

Tv Cina. Vertical-Tidak Sinkron-Tidak Ada Suara !

Mesin Cina ini lumayan ulet, mulai jam 23.00 sy kerjain baru selesai pd jam 01.35 !
Kerusakan : mati, sy cek banyak solderan yg retak2. Setelah sy solder ulang bisa nyala tp cuma tampil garis melintang atau rusak Vertical !
Lalu sy ukur pada pin 2 LA7840 yaitu output, keluar tegangan sama dengan Vcc-nya 25v. Gejala sperti ini biasanya kalau IC Vertical diganti langsung oke, tp yg ini tetap aja !
Eprom sy ganti juga sama.
Akhirnya buka skema, sy coba lepas jalur input dr pin 23 LA76810(Oscilator Vertical) dan sy ukur lagi output Verticalnya, trnyata IC berfungsi normal yaitu keluar tegangan setengah Vcc(12,65v) meski tetap tampil garis !
Karena Oscilator Vertical tidak keluar, LA76810 sy pastikan rusak dan langsung sy ganti baru. Setelah sy pasang Raster keluar normal, tetapi stelah dicoba isi channel gambar tidak sinkron !
Berikutnya sy cek lagi dan ketemu Millar 33n di pin 26(Hor. AFC) short ! Lalu Millar trsebut sy ganti gambar langsung oke !!!
Masih ada lagi masalah pada mesin Cina yg satu ini, yaitu saat soket speaker sy tancepkan trnyata tidak ada suara, tetapi dicoba pake AV normal !
Saya ubek2 ketemu juga, Millar 10n di pin 2(FM Out) bocor !
Melalui penggantian komponen terakhir ini tv jadi normal dan.....Finish !!!
...Baca Lebih Lanjut !