Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater

Jul 14, 2010

Tv Saijo(Cina), Posisi Channel Blooming !

Tv Cina yg satu ini bikin panas otak sy 1 jam lebih .....
Kerusakannya sbb: kondisi AV Input, gambar dan suara berfungsi normal,
tetapi pada saat channel gambar Blooming, mblobor jembret2 putih arah kanan, disertai bengkok2 dan runcing2 di semua sudut gambar seperti rusak tidak Syncron !!!
Kalo rekan2 paham cara kerja Tv, ini adalah kerusakan pada bagian Video.
Kerusakan seperti ini biasanya sering di temukan pada mesin Cina yg ada AV Out-nya !

Solusi dan cara penyelesaian adalah :
Cek dulu jalur pin 44(Internal Video Input) dan pin 46(Video Output) pada IC LA76810,
disitu ada Ceramic seri R yg menuju Colector Tr NPN, coba dilepas, kalau gambar jadi bagus langsung ganti aja Tr tadi !!!
Kebetulan yg sy perbaiki merk SAIJO AV Stereo tanpa type, Tr NPN, Q830= C1815 ternyata kalau diukur bocor antara Colector dan Emitor, jarum AVO bergerak2 tidak bisa diam.......
Moga2 bermanfaat !!!!!

5 comments:

  1. mas sy mo tanya, tv sy merk saijo.... ketika saya main Play Station 2 layar yang muncul sebagian. berkurang 2 cm atas dan bawah. tetapi saat sy kembalikan lihat televisi biasa layar normal. kira2 bagaimana cara mengatasinya


    nanang

    ReplyDelete
  2. Saya juga dpt mslh yg hampir sama.Tv samsung 21" dg IC utama SS46941A 9R.IC Vertical LA78O40.Awalnya cuma muncul raster berupa garis mendatar horisontal.Sekarang suara ada,gambar ada tapi kadar mblobor disertai suara sember.Mohon bantuannya,trmksh.

    ReplyDelete
  3. pencerahanga bang... untuk seri ic suara berapa ya?? kebetulan aq lg ada job saya cek ternyata icnya pecah. terimakasih

    ReplyDelete
  4. Mas saya mau tanya persamaan flybac tv saijo 21inc dengan seri BSC25-05N2258R apa?? Soalnya saya cari2 seri itu gak ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas saya mau tanya persamaan flybac tv saijo 21inc dengan seri BSC25-05N2258R apa?? Soalnya saya cari2 seri itu gak ada..

      Delete