Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater...klik disini.
Twitter: Follow me
@4syhar

Jun 20, 2011

Pengaman Sepeda Motor !


Apakah anda pernah kehilangan sepeda motor hanya karena hal sepele ???
Misalnya: Saat parkir lupa mencopot Kunci Kontak dan akhirnya sepeda motor anda amblas dibawa lari orang !
Inilah solusinya: buat sendiri “Pengaman Sepeda Motor”...sederhana-murah-mudah dirakit dan tentu saja sangat bermanfaat !
Klik dulu foto skema dan pahami sampai habis keterangan dibawah ini.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Ali(Siper) Tambak Sawah-Waru-Sidoarjo, temanku saat saya bekerja di Huda Electronic Surabaya dulu, yang rela Sepeda Motornya Tiger 2000 (masih baru) di obok-obok hanya karena rangkaian ini !!!
Sebelum anda merakitnya ada satu syarat yaitu: punya sepeda motor dan Aki(Accu)nya masih normal !
Keterangan:
*Prinsip Dasar cara kerja rangkaian ini adalah MMV(Monostable Multivibrator=Penggetar Ganda Tidak Stabil) saklar sentuh jari (Touch).
*Mematikan fungsi trigger(penyulut) pengapian yaitu CDI atau Pulser.
*Setelah Kunci Kontak On dan belum disentuh, kalau motor distarter baik secara Electric ataupun Manual mesin tidak mungkin bisa hidup, karena Relai kondisi Off dan jalur CDI/Pulser masih short/konslet ke Ground(Massa/Body).
Proses:
1. Buat rangkaian seperti skema diatas. Semua komponen usahakan rapat, Relai dibawah dan R,Tr dan lain-lain diatas PCB, cukup ukuran 2x3 cm.
2. Titik A adalah titik sentuh, beri kabel secukupnya tergantung penempatan anda dan ujung kabel sembunyikan sesuai selera, biasanya di Dashboard plastik dekat Stang sebelah kiri, usahakan sekecil mungkin agar tidak diketahui orang lain !
3. Titik Out sambungkan ke kabel CDI disekitar kunci kontak atau Pulser.
4. Led kontrol tempatkan di panel sekitar Speedometer agar mudah dilihat, setalah kunci kontak On dan titik A disentuh Relai bekerja dan Led akan menyala, sepeda motor bisa di starter !
Nilai komponen:
R1=220k, R2=1k, R3=2k2, Q1=Tr 9012, Q2=Tr 9013/14, RE=Relay 12v...
NB: Setelah sentuh sekali Relai berfungsi dan sentuh berikutnya tidak akan berfungsi kecuali kunci kontak ke posisi Off = Relai juga Off !!!
Silahkan dicoba semoga bermanfaat !!!

16 comments:

  1. mampir bro..
    t.o.p idenya.. (jempol)

    ReplyDelete
  2. Ide yang brilian bro asyar... trims..

    ReplyDelete
  3. masih belum paham dan mengerti :( :(

    MMV(Monostable Multivibrator=Penggetar Ganda Tidak Stabil) tolong diperjelas kamsudnya mas kholiq?

    ReplyDelete
  4. MMV: Kalo anda tahu atau pernah bikin rangkaian lampu "Flip-Flop" ataupun saklar sentuh On/Off, skema diatas adalah bagian dari rangkaian itu !!!

    ReplyDelete
  5. Selama motor nyala,brarti selama itu pula relai aktif y mas? Padahal jika relai tiba2 mati(krn life time/voltase aki tba2 drop,atau sebab lain) saat motor jalan,otomatis motor mati mendadak dong.apa tidak malah berbhaya?ada solusi lain gak mas? thx

    ReplyDelete
  6. saya pernah pakai rangkaian dengan prinsip sama dengan rangkaian jenengan, tapi ada satu kelemahan, karena rangkaian akan tertrigger dengan sentuhan, maka pada saat hujan, atau kena lembab, otomatis rangkaian akan on..... ada ide lain mas......thx

    ReplyDelete
  7. saat standby brapa daya yang d hbiskan? untuk penguncian tegangan klo d padu sama scr lbih bagus nggak?

    ReplyDelete
  8. mantab mas,perlu di coba,hehehehehehe....
    (salam wong ngerjo)

    ReplyDelete
  9. mas.. kalo pulser di konsletin ke masa...
    pa ngk ngrusak spul dari pulser itu sendiri ya..??

    ReplyDelete
  10. @oiblitar: Kalo anda ngerti teori...pasti tidak lah, kalo trafo daya seperti punya Ampli outputnya di short ya pasti terbakar...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebuah karya yg JOS & RUAAARRR BIASA..patut di coba cuma mohon penjelasan / gambar, bahwa sesuai keterangan pemasangan RELAY di bawah PCB,namun agak kurang faham berkaitan dg sambungan dari kaki pin Relay nya mohon dapat diperjelas... maklum lg blajar.... terima kasih

      Salam
      Sholikhin

      Delete
  11. Sebuah karya yg JOS & RUAAARRR BIASA..patut di coba cuma mohon penjelasan / gambar, bahwa sesuai keterangan pemasangan RELAY di bawah PCB,namun agak kurang faham berkaitan dg sambungan dari kaki pin Relay nya mohon dapat diperjelas... maklum lg blajar.... terima kasih

    Salam
    Sholikhin

    ReplyDelete
  12. terimakasih. semoga bermanpaat.....

    ReplyDelete
  13. Untuk outnya mungkin agak bikin bingung.tp menurut saya out di relay akan dihubungkan ke kabel yg berhubungan dengan CDI dan out pada rangkaian elektronik berupa kabel yg dihubungkan dengan pin relay yang tidak aad tanda outnya,sehngga ketika rangkaian aktif maka kabel dari stop kontak akan hubung dengan kabel yang menuju CDI melalui relay tsb...moga tidak keliru

    ReplyDelete
  14. kok sentuhnya kurang respon ya ommm... jadi saat nyentuh sensor , tangan yang 1 nya lagi kudu nyentuh negativ aki ...suwuun

    ReplyDelete