Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater

Jul 17, 2011

Lagi, OKE!-3792K...Cacat Vertikal !

Tv merk OKE! Type 3792K ini mesin-nya sama dengan Polytron, dan type IC yang dipakai berbeda dengan artikel saya terdahulu !
Menggunakan Chroma TDA8841, Program M37211-xxx.
Kerusakan: Cacat Verikal bergaris-garis hampir penuh di layar...klik gambar untuk melihat gejala kerusakan yang sebenarnya !
Solusi:
*Penyebab kerusakan tv ini sulit saya temukan sampai berhari-hari, karena semua komponen yang berhubungan dengan rangkaian Vertical saya ukur satu-persatu tidak ada yang rusak, baik R-Elco-Capasitor dll, Vcc utama CT-/+12v juga normal !
**Nah kalau ada teman mengalami, coba klik dulu foto kanan atas, saya tandai dengan lingkaran merah, itu adalah 2 Transistor jalur H-Sync dan V-Sync dari IC Program, lepas 2 Tr itu dan ukur dengan teliti pakai AVO Skala Ohm paling tinggi !
Biasanya salah satu Tr itu bocor sehingga mengakibatkan gejala kerusakan seperti diatas, dan ganti saja dua-duanya dengan yang baru pasti beres...type Tr tersebut adalah C945 !
Okay....selamat bekerja buat semuanya !!!

6 comments:

  1. gan mau nanya nih kalo toshiba 29 sh awlnya gambar ada cuma geser kekanan shga logo stasiun ketutup separoh,-+ 1menitan gambar hilang muncul striphitam dan putih antar sudut,kalau suara normal.kira2 sama gak yg rusak bagian syncronisasinya?

    ReplyDelete
  2. hebat pinter tenan sedulurku siji iki. sukses kang, salam nggo kluarga

    ReplyDelete
  3. numpang baca yaaa..
    pernah pula kualami hal sprti itu kang, kerusakan keramik 102 pada daerah tr itu, shortnya dikit skali, sampai fening nyarinya

    ReplyDelete
  4. kang saya punya masalah dgn tv toshiba jadul 29" gejala awal matot,setelah itu ngak nau singkron setelah 3hr beru ketemu biang keroknya ternyata salah satu dioda zener dkt vertikal bocor
    ,dan sekarang tampilan gambar kuuuuueeeeecil sekali,sy udh orak abrik bagian vertikal tp ngak nemu jg biang keroknya.udh 2 minggu sy telusuri blm ketemu jg.tlg dong saranya kang.

    ReplyDelete
  5. kang saya punya masalah dgn lg 29fu3rl problem vertikal tv cuma garis horizontalntapi tak full kiri kanan saya sudah ganti ic vertikal,elco2 vertikal,fr403 B+14v dari tfb juga ganti ic ew tapi tak ada perubahan sama sekali tetap tak ada output di vertikal kira kira apanya lagi mohon pencerahannya kang makasaih sebelumnya

    ReplyDelete