Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater

Feb 24, 2010

Cara Solder Ulang yg Benar...!!!

Penting...Baca dulu baik2 sebelum berkomentar !!!

Kemarin ada SMS bunyinya begini; Selamat malam Merpati Electronic, nama saya...mahasiswa dari...Fakultas Tehnik Electro, sedang praktek me-repair Tv merk Goldstar 14inc (milik tetangga katanya) ! Kerusakannya; Tv nyala suara ada tapi di layar cuman tampil Garis melintang dari kiri ke kanan, trus kalo Box Tv dpukul2 keluar gambar normal dan lama2 tampil garis lagi...Tolong solusinya !!! Langsung aja saya balas, Ooo...itu ada sbagian solderan komponen yg retak2 dan harus dperbaiki, ato “SOLDER ULANG “ maksudnya !!!
Karena yg bertanya seseorang dr perguruan tinggi, saya brpikir...teori yg didapat orang ini dari pendidikannya pasti jauh lebih dari cukup kalo hanya sekedar utk mnyelesaikan kerusakan Tv seperti ini, tentunya saya tidak menjelaskan secara detil di bagian mana yg harus di-solder ulang !
Bagi yg brpengalaman dan matang di bidangnya, kerusakan seperti itu memang bisa dianggap empuk kayak kue Godir he he he...jelas2 bagian penguat Vertical dan yg berhubungan yg jadi sasaran pengecekkan dgn bayangan bakal cepet dapat uang !
Di zaman yg serba instant ini, seperti kita ketahui kebiasaan masyarakat kita, segala informasi yg didapat langsung ditelan mentah tanpa disaring, dipahami dan dipraktekkan secara benar ! Ditambah skarang lagi gencar2nya penyakit Demam sedang melanda...Demam Chating, Demam FaceBook, Demam Blackberry dan sejenisnya !!!
Mungkin kalo anda konsultasi dgn Tehnisi Senior yg Profesionalpun, hal ini tidak pernah dijelaskan secara gamblang karena dianggap remah dan sepele, ato anda sudah lama Googling artikelnya di internet tapi tidak pernah ketemu2 juga dan akhirnya baru kali ini mampir di Blog saya, sekarang anda sedang membacanya kan...!!!
Untuk kasus Tv dengan solusi “Solder Ulang” seperti diatas, ternyata masih banyak rekan2 yg belum paham prakteknya, hampir semua salah kaprah alias hantam kromo aja tanpa pikir panjang, semua komponen yg terlihat retak langsung disolderi merata, dan hasilnya tidak sedikit malah fatal, Tv jadi parah dan mati total...akhirnya gak selesai2 dan dimarahi sama si Empunya Tv !!!

Karena Elektronika itu Identik dengan Teori Plus Praktek, maka disini akan saya jelaskan apa dan bagaimana yg dimaksud dengan perbaikan solderan ato Solder Ulang yg benar :
* Skali lagi jangan langsung disolderi...perlu anda tahu bahwa lapisan yg melekat di PCB itu berbahan dari Tembaga tipis yg bisa mngalami korosi alias berkarat secara halus dan tak kasat mata kalo dimakan usia !
** Lepas/bersihkan dulu semua timah solder yg melekat di kaki2 komponen yg telah anda cek dan terlihat retak2 pada PCB Tv tsb dgn mnggunakan penyedot timah( apalagi kalo masih asli perawan bawaan dr pabrik, kebanyakan solderannya sangat tipis dan kalo panas mudah retak ! ),
terutama pada bagian IC Oscilator yg jumlah kakinya banyak dan rapat, juga pada bagian2 yg mudah panas, lalu lakukan penyolderan ulang dgn teliti, rapi, matang mengkilap dan hati2.
**Jangan lupa kalo sudah selesai bersihkan dgn Thinner ato Bensin pake Kuas, Sikat gigi yg kering juga boleh...!
Saya jamin kerjaan anda pasti cepat beres dan gak dimarahi orang !
Sekian Tips kali ini dan Salam sukses buat semuanya.........

No comments:

Post a Comment