Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater

Mar 11, 2010

Service Itu Harus Logiss !!!



Saya akan merasa sangat bangga bila anda mau menyimak tulisan ini dgn seksama !!!
Anda pasti sering mendengar, bahkan hampir setiap hari kalimat2 seperti ini;

Beli ini dapat itu...Bonus sekian Sms...Gratis bicara sekian menit...dst dst.
Tetapi kebanyakan org tidak pernah membaca semua sarat dan ketentuan yg berlaku sebelum menikmati layanan promo terbatas tsb, sehingga pada akhirnya merasa kecewa dan sangat dirugikan karena pulsanya amblass !!!

Nah, yg kubahas kali ini adalah tentang layanan jasa Service Elektronika Umum, terutama pada bagian Tehniknya !
Saya khususkan buat semua rekan2 yg seprofesi dan bertujuan supaya service anda bisa laris manis, maju, cepat berkembang jadi besar dan terkenal di wilayah sekitar anda sendiri tentunya !

Contoh Logikanya begini...
Melakukan sesuatu yg positif itu jangan separo-separo…..!!!!!
Kalo anda berani menamakan diri Tukang Service Electronic jangan asal Namanya bagus dan tulisannya buesar modis berwarna warni, usahakan semua Peralatan electronic yg utama harus ada dulu seperti: Tv yg gambarnya oke,Audio(Salon+Amplifier stereo+Equalizer),Vcd,Dvd,Receiver+Parabola dll...syukur2 kalo anda punya Computer !
Semuanya perlihatkan ato taruh di tempat service(BUKAN PAMER maksud saya) dan jangan disembunyikan !
Tujuan utama tidak lain adalah supaya org yg akan datang dan membutuhkan jasa anda tidak ragu !
Coba kalo semua itu melompong gak ada di tempat service anda, mustahil service anda jadi besar dan org tidak akan percaya meskipun anda pinter dan ahli sekalipun !
Apalagi Tv yg anda pajang Hitam Putih dan gambarnya kabur….yg berniat menservicekan Tv warnanya yg rusak bakal diurungkan dan anda gagal dapat rejeki !
Psikologi Sosial juga harus sedikit tau, yakni fleksibel dan mudah bergaul pada semua orang apa dan bagaimanapun karakternya !
Sayapun sampai sekarang gak punya apa2, kecuali semua yg ada ditempat service saya ini ! Mungkin anda juga mengerti arti Header dari Blog saya yg sedang anda baca sekarang…”PRIVATE PROPERTY-SINGLE FIGHTER”…”milik pribadi-berjuang sendiri” !
Dan yg tidak kalah penting adalah alat2 yg digunakan untuk memperbaiki setiap kerusakan, andapun harus benar2 paham akan hal itu !!!

Seperti contoh2 sebagian pengalaman saya dibawah ini;
* Saat saya memperbaiki Tv, curiga kerusakan ada pada Flyback tapi masih belum pasti, saya tidak bingung karena punya FBT Tester-nya (bikin sendiri Th 1999 dulu) !
* Meski saya gak berlangganan Telpon umum, saya juga berusaha membuat Telpon Tester untuk melayani perbaikan telpon rumah yg rusak !
* Pernahkah anda dipersulit oleh hal sepele, yaitu melepas Mur Potensio di Box Speaker Aktif yg masuk ke dalam itu, saya jg gak kuatir karena sudah minta tolong sama teman yg ahli mesin Bubut untuk dibuatkan Kunci Soknya !
* Untuk melepas baut seperti di Compo Polytron besar anda juga harus punya obeng dgn panjang minmal 25 cm, apalagi untuk Compo merk Phillips saya terpaksa harus beli obeng HP murahan, lalu saya sambung ke Tukang Las dgn stang yg agak panjang !
* Otak rekan2 kayaknya juga sering dibuat pusing oleh Tv yg gak selesai sampai berhari2 hanya karena sebuah Elco kecil seharga Rp500 yg sudah kering ato kapasitasnya berubah, beli aja Capasitance Meter Digital (foto atas paling kanan warna putih) untuk memastikan kerusakan Elco itu, kl merk Cina paling2 cuman 150rb !....Hanya Osciloscope saya masih belum punya !

Disamping itu masih ada satu lagi selain ketersediaan Sparepart sebagai bagian dari sarat utama dan ketentuan yg wajib anda penuhi bila ingin dianggap menjadi Tukang Service Profesional, yakni Diagram Skema dan Buku Data Referensi, baik itu untuk IC,Transistor,OpAmp,SCR,Fet,IC Cimos,TTL…dll !
Apalagi produk Cina sekarang No dan Type Sparepartnya agak aneh2 dan gak umum, seperti IC type TDA8361 diganti dgn label CD atau OM8361, yg menjadikan para pemula jadi bingung gak karuan, padahal kl anda mau tau itu sama aja dan tersedia di pasaran !

** Andalanku untuk data service saat ini selain mencari di Internet adalah ECG `96 dari Pillips dan Modern IC (masing2 1000 halaman,lihat foto di atas), meskipun cuma Photocopy buku itu sangat penting....Thanks buat Yanto Lonthong di Jl.S.Parman Waru-Sidoarjo dan Bossku dulu P.Sujari !!!
Satu lagi, paling terakhir yg sangat penting menurut Ilmu Sebab Akibat yaitu:
…“Yang Pinter Adalah Yang Belajar”…apapun latar belakang pendidikan anda !
Belajarlah dengan rutin sedikit demi sedikit tentang Teori Electronic dari yg paling dasar…saya jamin, kerusakan rangkaian electronic apapun anda pasti akan bisa mengerti !!!
Inilah yg ku sebut…”Service Itu Harus Logis”…
Semoga sukses bagi yg mo ngikut saran saya….!!!!!!!!!

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. komentare juga harus logis kang.. he he
    servis kalau alat-alatnya lengkap terasa menyenangkan, kebanyakan alat ukur itu harganya mahal. ditunggu kang postingnya "cara membuat alat ukur murah tapi bermanfaat"
    trimakasih

    ReplyDelete
  3. makasih bos bloge spean sangat bermanfaat berjuang terus demi keluarga tercinta,masherry alas roban, batang,jateng

    ReplyDelete
  4. Kalo untuk osiloskop, sampeyan bisa cari software osiloskop untuk komputer, searching juga logis kok bang..
    salam kenal.. salam salaman.. :)

    ReplyDelete