Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater...klik disini.
Twitter: Follow me
@4syhar

Mar 22, 2010

Goldstar 16D...Posisi Channel Gak Ada Suara !!!

2,5 jam saya dihajar Tv Goldstar 16 inch ini ! Saat datang yg punya bilang kalo gambar Tvnya bagus tapi suaranya gak ada ato terdengar sangat pelan !
Langsung saya coba cek pake input AV dari Output Receiver Humax saya....
dan siaran MTV Phillipina dr satelit Agila ternyata suaranya ada dan normal2 aja !!!
Kerusakan seperti ini bisa dibilang sulit, apalagi bagi para pemula, karena komponen yg berhubungan dgn rangkaian ini sudah saya cek, mulai dari Vcc, IC Penguat, Speaker, Chroma TA8690... semuanya gak ada yg bermasalah !
Tak lupa Data dan Skema saya buka, tapi kerusakannya masih belum ketemu juga....
Oiya rekan, untuk type yg satu ini tidak meggunakan Trafo SIF sebagai Sound Trape 5,5MHz-nya tetapi cuman pakek kombinasi L dan C....

Bagi teman2 yg otaknya sudah mendidih gara2 kasus Tv Goldstar seperti ini jangan kuatir, baca trik saya dibawah ini:
* Nyalakan TV(bukan posisi AV), pilih channel yg gambarnya bagus, Volume secukupnya, sentuh pakek jari pada IC TA8690 secara bersamaan yaitu pin 4 (SIF Detector) dan pin 5 (SIF Limiter), kalo keluar suara channel normal ganti aja Ceramic C615 (7pF) di pin tersebut dgn nilai yg lebih besar...kebetulan saya coba dgn 22 pF sudah seminggu kata yg punya gak bermasalah !!!
Ok sobat, trik kali ini pasti bermanfaat....!

3 comments:

  1. Trik yang bagus mas,
    TVku AKARI 14" model IC-1439R2D ada gambar tapi gak ada suara.
    OK saya coba dulu...

    ReplyDelete
  2. mas klo tv cina g ada gmb apanya ya pusing nih?mksh!

    ReplyDelete
  3. Salam kenal sebelumnya,mantep kang postingane dadi tambah ilmu matur nuwon sanget

    ReplyDelete