Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater...klik disini.
Twitter: Follow me
@4syhar

Apr 22, 2010

Tv Audio Tone Flat 21"...Angel Tenan !!!

Buat rekan2 yg seprofesi, kasus tv yg satu ini mohon dibaca sampai habis ya !!!
Tv Flat Cina 21” ini kalo dilihat dari luar gejala kerusakanya seperti biasa aja yaitu,
Gambar kepotong lurus kanan-kiri warna hitam selebar 8cm dan kadang terdengar letupan kecil dari dalam !
Setelah sy lepas tutup box, jalur Oscilator Hor. saya open dan saya ukur B+ trnyata normal 130v !
Selanjutnya Oscilaor Hor. sy solder lagi, tv sy hidupkan....belum sempat saya mengecek yg lain2 letupan sperti mercon kecil bunyi 2 kali dan meteran listrik langsung njeplak !
Wah, TR Power pasti jebol nih...saya cek benar juga !!!
Oiya rekan, sebelum TR ini saya lepas ternyata saya lihat sudah gak asli lagi, seperti
baru diganti, dan langsung saya tanyakan pada yg punya tv trnyata sudah diganti 2 kali
oleh tukang service lain...akhirnya dipindah ke tempat service saya !
Nah, yg membuat saya upload kasus tv ini, seperti judulnya saya tambahi kata
”Angel Tenan”....! adalah:
Ternyata letupan tadi adalah loncatan bunga api korslet di PCB bagian soket AC dari Power Switch menuju salah satu dari 4 diode penyearah 300v yg berjarak 5mm !
Buat rekan yg belum pernah ngalami kasus begini pasti merasa aneh dan bingung juga !

Solusi:

Mungkin bisa dibilang gak masuk akal dan gak ada hubunganya dgn jebolnya TR Regulator tadi, FBT saya curigai meski TR Hor utuh, saya lepas dan ditest dgn Tester yg saya buat th 1999 dulu, semprotan tegangan tinggi oke aja, tetapi stelah saya amati benar2 dgn kondisi sunyi terdengar ada kbocoran sangat kecil tak terlihat oleh mata di body FBT tersebut, dan akhirnya saya pake kaca pembesar baru jelas bahwa FBT itu bocor dan retak2 halus....ato bisa disebut nyumbat ato kata orang awam ”Setrum Mbalik” !!!
Type FBT ini adalah BSC25-N0449 !!!
** Besoknya saya mubeng2 seharian berusaha nyari2 FBT type ini, tapi `yo ndilalah`
”Angel Tenan” alias gak nemu gitu lho !
Mau tidak mau akhirnya saya modif juga, pilihan jatuh pada BSC25-T1010 (jarak kaki sama tapi jalur tegangan sangat beda) !

1 jam proses modif FBT beres, tv nyala OSD ada dan Snow/rintik hujan normal !
Tetapi setelah saya tuning (Auto Search) gak ada channel sama sekali...apalagi nih ???
Utekqu dadi umep...saya coba pake input AV normal, 33v dan semua komponen dijalur
VT utuh, tapi Voltage Swing di titik VT Tuner diam 0 volt...waduh opo maneh iki ???
Lalu saya urut sampai pin IC utama (Flat Cina 21” ini pake Single Chip 8893),
ternyata 0 volt juga...wah IC nya rusak rekan !!!
Akhirnya saya hubungi lagi yg punya tv, dia bilang bahwa hanya butuh AV normal untuk Rental PS....oke rekan, sekarang otakqu jadi agak dingin seperti disiram air es !
Eiiit.. tunggu dulu, apakah mnurut rekan2 tv ini sudah benar2 beres ? Jawabnya belum,
karena masih ada gejala kerusakan lain yg lebih ruwet, apa`an tuh ???
Setelah tv saya tutup dan saya coba lagi pake input AV lakoq bisu...suara gak ada !!!
Utekqu saiki ora umep maneh tapi kobong ...tolong rekan2 panggilkan PMK !
Tv sy bongkar lagi, sy cek ternyata IC Penguat Audio Stereo TDA7263 mati, IC ini juga sulit dan Vcc nya cukup tinggi sekitar 30 volt...
Untuk kesekian kali sy harus modif lagi, sy gunakan TDA2003 dan Vcc dr power supply
sy rubah jadi 12 volt...akhirnya tv bisa bersuara normal meski hanya fungsi AV saja tanpa channel !!!
Kemarin siang tv tersebut sudah diambil sama yg punya,
sy mintai total biaya semuanya 160 ribu, murah kan !!
Kira2 menurut rekan2 cukup gak ya buat beli alat Pendingin Otak ? He he he ....
Sekian dulu cerita saya kali ini, smoga ada manfaatnya !!!

1 comment:

  1. sama pak sayajuga demikian kasus sama vt tidak bisa fungsi tapi waktu saya coba pakai tuning manual pakai vr 100k gambar oke, tadi siang saya tanya di zig zag malang icnya yng asli 150 rb biasa 90 rb .oiya salam kenal pak saya dari karang ploso mlg saya ABDURROHIM desa kepuharjo ,email abdurrohimahmad@yahoo.co.id

    ReplyDelete