Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater

May 14, 2010

FBT Tester (Tester Flyback)...Manual !

Bagi rekan2 seprofesi yg sudah baca posting blog ini berjudul
Service Itu Harus Logiss”, disitu ada cerita saya mengenai `Flyback Tester` (buatan sendiri th`99)dan teman-teman yang sudah membeli/memakai alat ini silakan baca dan klik disini !
Mungkin masih banyak rekan2 yg meragukan atau bahkan tidak percaya !
Bisa juga anda yg sedang baca tulisan saya kali ini mempunyai anggapan yg sama !
Sampai saat ini para Tukang Sevice Elektronik khususnya Tv, masih banyak yg sering
bingung kalo mengalami kerusakan pada FBT(Flyback), maksudnya: apakah FBT yg telah dicurigai itu benar2 rusak atau tidak ??? Kecuali secara fisik FBT tadi sudah terlihat menggelembung, pecah/retak, bocor atau kalau diukur pake AVO Meter lilitannya sudah konslet terhadap pin jalur Ground atau yg lain !
Kalau rekan mengalami hal ini pasti akan berusaha tanya kesana-kemari untuk mendapatkan jawaban yg jelas !
Bahkan siang malam sampai cari wangsit ke dukun yg paling ampuh yaitu mbah Google !
Dan apabila langkah ini tidak membuahkan hasil ujung-ujungnya pasti kembali pada pikiran anda sendiri yaitu Inner Feeling alias ilmu Katon....biasanya ”Kira2 dan Coba2” !
Selanjutnya FBT nekad dibelikan yg baru dan langsung diganti !
Kalau perkiraan anda tadi ternyata pas tentu Tv bisa nyala normal dan pikiran anda jadi tenang ! Coba kalau tidak ada perubahan...pusing kan jadinya he he he !!!
Nah, untuk solusi kerusakan tv seperti ini, jalan satu2nya tentu FBT tersebut harus ditest dulu untuk memastikan kondisi yg sebenarnya, yaitu dgn menggunakan FBT Tester atau alat pengetest Flyback !
Selama ini kalau rekan mencari artikel atau skemanya di internet mungkin yg ketemu hanya ada dr situs Australia atau http://www.jestineyong.com dari Philipina !
Tetapi Tester Flyback yg saya pakai ini lebih sederhana, manual, mudah dirakit dan simple penggunaanya dr pd yg ada di situs tersebut, karena tanpa IC dan hanya menggunakan 3 Transistor biasa pasaran ditambah D, R, C dan 1 buah spul H-Hold Tv Hitam Putih serta 1 buah trafo OT bekas radio lawas !
Sebelumnya sory banget dan bukannya hanya memberi iming2 buat rekan semua, saya hanya bisa menampilkan foto buram sbagai barang bukti dan layoutnya di PCB seperti diatas tanpa skema yg jelas !!!
Dan kalau anda memang benar2 menginginkan yg lebih lengkap dan detil silakan datang ke tempat service saya, alamatnya lengkap ada diatas !
NB: Untuk rekan2 yg berminat bisa menghubungi saya atau datang secara langsung juga boleh !!!!
Sekali lagi thanks berat buat bosku dulu (P.Sujari) di Huda Electronic yg telah susah payah mencarikan skema Tester Flyback Manual ini...!!!
And...semoga cerita kali ini berguna buat para Tukang Service Tv !

7 comments:

  1. bisa di ajarin juga kan Bos cara2 mengetesnya..???

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Mas.. Saya rahim di Polman-Sulbar Mau nanya Brapa harga FBT testernya...? dan kalau sy pesan cara ordernya gimna..?Tks

    ReplyDelete
  3. ni orang mau jualan aja ribet banget tinggal bilang aja berapaan hrga fbt testernya trus cara bayarnya gimana gitu aja kok repot,solnya gue cari2 kagak ada tuh hrga+cara bayarnya

    ReplyDelete
  4. UUD Ujung - ujungya duit bos

    ReplyDelete
  5. untuk tester plyback sangat mudah kita rakit, yang penting ada tegangan B+, abl, ground, h.otput(kolektor) dan osilator, bs kira dapat dari rangkaian tv warna maupun hitam putih

    ReplyDelete
  6. untuk tester plyback sangat mudah kita rakit, yang penting ada tegangan B+, abl, ground, h.otput(kolektor) dan osilator, bs kira dapat dari rangkaian tv warna maupun hitam putih

    ReplyDelete