Selamat Datang...

..."WONG NDESO KEPINGIN ISO"...

Member Of
: www.forumsatelit.com
Facebook: Asyhar Merpati Forsater

Jul 5, 2010

Macam2 Goldstar Tidak Ada Suara !!!

Dibawah ini adalah beberapa masalah yg pernah sy temui pd Tv Goldstar yg menggunakan TA8690 dengan kerusakan pada bagian Audio yaitu Tidak Ada Suara !
Sebagian juga pernah sy posting di artikel sebelumnya !
Dengan asumsi bahwa: Speaker, IC Audio masih normal atau diganti baru, serta Vcc Audio baik 14v atau 24v normal !

Solusi dan cara penyelesaiannya sbb :

1. Nyalakan tv dgn kondisi ada gambar dan Volume secukupnya, sentuh input IC Powernya(conth: TDA2006, pin 1), kalau di speaker terdengar ada suara dengung berarti IC tersebut bekerja normal, coba lepas LA7222(AV Switch) kemudian jumper jalur pin 11 dan 12, kalau keluar suara normal langsung ganti aja IC LAxxxx tersebut.

2. Perlu dicatat: Semua Power Audio yg pakai IC dengan Single Supply atau Vcc-nya tidak CT(conth: Gnd & 24v saja) pada saat berfungsi normal Outputnya akan mengeluarkan tegangan kira2 setengah dr Vcc-nya,
contoh: TDA2006...pin 5=Vcc 24v...pin 4=Output 12v.
Nah, sebelum pusing berpikir yg macem2, kalau disentuh input gak ada suara dan IC dingin seperti tidak bekerja, ukur tegangan output, apabila Nol volt atau tidak sesuai, cek R Feedback-nya yaitu R dr titik output yg diumpan balikkan ke jalur input putus shingga IC tidak berfungsi, nilai biasanya 100k.

3. Untuk Goldstar yg tanpa Trafo SIF sebagai Sound Trape-nya, coba sentuh pada IC TA8690 yaitu pin 4 (SIF Detector) dan pin 5 (SIF Limiter), kalau keluar suara normal coba ganti Ceramic di pin tersebut(C615= aslinya 7pF) dengan nilai yg lebih besar, misal= 22pF.

4. Goldstar yg satu ini mempunyai ciri khas rangkaian Power Audio-nya terpisah berada disamping kiri CRT dekat speaker dan di Menu ada Setting Bass/Treble, kalau tidak ada suara tetapi saat inputnya disentuh speaker berbunyi, coba pegang IC 4558, kalau panas berlebihan biasanya rusak, pin 1,2,3 kalau diukur short terhadap pin 4(Ground)...ganti aja pasti beres !!!

Met kerja aja buat semuanya ......!

3 comments:

  1. mohon solusi..tv goldstar..jika gambar jernih. suaranya tersendat sendat jika gambar beraster suara normal..jika tanpa anten suara desis..normal

    ReplyDelete
  2. Mksih solusinya kang kholiq asyhar......

    ReplyDelete